Daun Sirsak Urutan Ke 4,5,6?

Saya sering kali mendapat pertanyaan, apakah daun sirsak yang saya jual adalah daun urutan ke 4,5, dan 6 dari pucuk. Banyak yang beranggapan bahwa daun sirsak yang berkhasiat hanyalah daun urutan tersebut.

Saya perlu meluruskan anggapan tersebut. Daun yang khasiatnya optimal adalah daun yang tidak terlalu muda dan tidak terlalu tua. Urutan daun ke-5 dari pucuk adalah panduan dalam memetik supaya daun yang dipetik tidak terlalu muda. Jadi bukan hanya daun nomor 4,5,6 saja yang berkhasiat. Secara logika, tidak masuk akal jika daun urutan ke-7 dan seterusnya tiba-tiba kehilangan khasiatnya, sementara fisiknya tidak berbeda dengan daun nomor 6.

Daun yang masih muda terlihat dari warnanya yang hijau muda dan lembaran daunnya tidak terlalu kaku (lemas). Daun yang terlalu tua terlihat dari bintik-bintik dipermukaan atas dan bawah daun, dan warnanya hijau tua gelap, atau mulai kecoklatan.

Sering kali daun urutan ke-3 pun sudah cukup tua, sehingga bisa dipetik. Juga daun sampai urutan ke 10-12 masih baik dan bisa dipetik. Semua tergantung dari kondisi pohon. Bagi yang sudah sering memetik daun sirsak akan dapat dengan mudah membedakan daun yang baik dan daun yang kurang baik.

Daun sirsak yang saya jual, baik yang segar maupun yang sudah dikeringkan adalah daun yang sudah dipilih. Daun yang kurang baik tidak digunakan.

 

This entry was posted in Artikel Daun Sirsak and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *