Kulit Salak Untuk Diabetes

Ibu saya menderita diabetes melitus tipe 2 yang tidak memerlukan insulin. Sebenarnya, penderita diabetes melitus tipe 2 dapat menjaga kadar gula darahnya cukup dengan mengatur pola makannya. Dengan disiplin makan makanan rendah kalori dan menghitung jumlah kalori yang masuk, kadar gula darah dapat dijaga dalam ambang normal.

Namun sayang, Ibu bukanlah orang yang bisa menjaga makannya dengan disiplin tinggi. Beliau juga masih suka minum kopi instant sachetan yang gulanya bukan gula rendah kalori. Alhasil sering kali gula darahnya melebihi angka 200 ketika dicek dengan alat AccuCheck.

Ibu sempat mencoba merebus beberapa tanaman untuk membantu menurunkan gula darahnya, termasuk daun sirsak. Selama beberapa minggu ia rutin minum rebusan daun sirsak namun tidak menunjukkan hasil yang memuaskan, kadar gula darahnya masih tinggi. Maklum saja, daun sirsak memang bagus untuk kanker, tapi bukanlah obat segala penyakit.

Beberapa hari ini beliau mencoba merebus kulit salak dan meminum airnya, setelah mendapat saran dari temannya. Ternyata hasilnya cukup menggembirakan, Setelah minum air rebusan kulit salak kadar gulanya turun menjadi di kisaran 120 – 150.

Cara merebusnya cukup mudah:

  • Ambil kulit salak dari 2 – 3 buah salak, cuci bersih dengan air mengalir.
  • Masukkan ke dalam panci khusus merebus obat, tambahkan 500 ml air.
  • Rebus hingga mendidih, biarkan selama sekitar 5 menit.
  • Air rebusan diminum untuk sehari (tidak harus sekaligus habis).

Jika Anda atau ada kerabat Anda yang menderita diabetes, tidak ada salahnya untuk dicoba. Selain harganya tidak terlalu mahal, buahnya juga enak dimakan. Belakangan ini saya jadi sering makan salak hehe..

This entry was posted in Artikel Daun Sirsak and tagged , , , . Bookmark the permalink.

10 Responses to Kulit Salak Untuk Diabetes

  1. Dani says:

    Judul diatas : Kulit Salak Untuk Diabetes tapi isi dan petunjuknya mengenai daun sirsak.. mungkin anda salah menulisnya. mohon di cek kembali

    • admin says:

      Terima kasih buat ralatnya, sudah saya betulkan 🙂
      Maklum, selama ini berkutat dengan daun sirsak yang ada di kepala ‘sirsak’ terus…hehe..

  2. Hernowo JS says:

    Asswrwb,
    Terima kasih informasinya, kebetulan saya penderita Diabetes Mellitus dan Jantung Koroner, baru satu bulan ini saya rutin mengkonsumsi rebusan daun Sirsak, karena memang baru tahu dan kebetulan di kampung saya punya 5 pohon Sirsak yang lumayan besar berumur sekitar 6 tahun, rencana saya awal bulan Maret 2012 saya akan Cek Gula Darah, Kolesterol Total, HDL, LDL dan Trigliserid, yang pada tanggal 12 Januari 2012 hasil Lab-nya tidak normal semua.

  3. sandri says:

    maaf mo tanya buat kulit salaknya maksudnya kulit salak luar yg ada sisiknya ya? dan takaran minumnya berapa gelas atau sehari berapa banyak? 500 liter air detelah mendidih jadi berapa liter ? atau yg penting mendidih saja. tq

    • admin says:

      Kulit luar yang bersisik. Direbus dengan 500 ml air sampai sisa 1 gelas (150 ml). Dosis tergantung kebutuhan. Jika gula darah tinggi sehari bisa dua kali. Jika tidak terlalu tinggi dua hari sekali saja. Jangan minum terus menerus dalam jangka waktu yang lama karena berpengaruh terhadap tekanan darah

  4. marlan says:

    Tulisannya sangat menarik dan bermanfaat.
    Yang dimaksud kulit salak di sini apakah kulit ari yang menempel di daging buah atau benar2 kulit luar salak yang bersisik ? Thanks.

  5. sarwo says:

    ayah saya skrg masuk rmh sakit krn diabetnya tinggi, nah apakah dalam mengonsumsi rebusan air kulit salak tadi diabetnya bisa sembuh total atau cuma menurunkan gulanya saja trims…

    • admin says:

      Diabetes tidak bisa sembuh total, yang bisa dilakukan oleh penderita diabetes adalah menjaga kadar gula darahnya agar tetap normal, atau setidaknya mendekati normal.
      Jika bisa menjaga kadar gula darah, diabetes tidak berbahaya. Yang berbahaya adalah penyakit yang disebabkan oleh kadar gula yang tinggi seperti gagal ginjal, kebutaan, luka yang tak kunjung sembuh, dll.
      Minum rebusan kulit salak hanya salah satu cara dari sekian banyak cara untuk menjaga kadar gula darah tepat normal, dan cara ini cukup efektif dan murah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *